Blogroll

Minggu, 27 November 2011

Banjir Di Australia, Cuaca Buruk Juga Bisa Melanda Indonesia.

Banjir Di Australia, Cuaca Buruk Juga Bisa Melanda Indonesia.
Bencana banjir yang melanda Australia Desember 2010 lalu merupakan bencana banjir terparah dalam sejarahnya. Sekitar 10 orang dikabarkan meninggal, separuh dari mereka adalah anak kecil dan sebanyak 78 orang diperkirakan hilang. Sekitar 200 ribu orang di negara ini terkena dampaknya.

Kejadian yang berawal dari wilayah Topwamba ini digambarkan sebagai kondisi alam yang tidak normal, kerena banjir datang secara tiba-tiba seperti air bah. Badai tropis yang mulai terjadi sejak November tahun lalu telah memicu terjadinya banjir ini.

Cuaca buruk juga perlu diwaspadai di Indonesia. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghangatnya suhu muka laut di Indonesia sejak April lalu mengakibatkan akumulasi energi di atmosfer wilayah ini. Anomali itu menimbulkan angin kencang dan hujan lebat disertai petir yang terpicu oleh bibit badai tropis di utara Australia. Ancaman ini berpotensi muncul hingga akhir Januari 2011.

Meski baru bibit badai, menurut BMKG, seperti yang dilansir oleh kompas.com, kondisi cuaca ini sudah cukup berpengaruh bagi Indonesia. Akan timbul angin kencang disertai hujan lebat dan petir serta gelombang laut yang tinggi. Bibit badai yang terbentuk di Utara Australia, Desember lalu telah menimbulkan udara naik di wilayah Jawa karena adanya jajaran pegunungan di kawasan tengah. Dan hal ini berpotensi masih akan terjadi hingga puncak musim ini yakni Desember hingga Februari mendatang. (ME)

0 komentar:

Posting Komentar